Menanam Pohon Jabon di Kebun Rumput Domba dan Kambing

Menanam Pohon Jabon di Kebun Rumput Domba dan Kambing
Sumber Ilustrasi Gambar, dari : bibitjabon.web.id

domba.id – Pohon Jabon adalah merupakan jenis pohon yang banyak dimanfaatkan kayunya oleh Industri pembuatan barang-barang furniture dari bahan kayu.

Jabon atau singkatan dari Jati Kebon adalah satu tingkat di bawah Pohon Jati yang merupakan Raja nya Kayu yang bagus untuk furniture.

Batang Pohon Jabon adalah lurus, mudah dalam pengerjaan tukang dan tentunya Kuat, layaknya kayu Jati. Maka tidak heran jika Keberadaan pohon Jabon ini banyak menjadi incaran para tukang / perusahaan meubel furniture.

Mungkin pertanyaan mendasarnya adalah Apakah jika digabungkan antara Kebun Rumput dengan Pohon Jabon itu akan mengganggu perkembangan pohon Jabon?

Menurut saya, tidak juga demikian, karena sudah teratasi dengan sistem kotoran Kambing dan domba yang secara langsung akan membuat pertumbuhan pohon jabon akan cepat.

Tentang apakah keberadaan rumput akan menghambat pertumbuhan Pohon Jabon, maka tidak juga demikian, karena lebih banyak untungnya daripada meruginya, artinya kotoran kambing / domba yang sedang memakan rumput di kebun rumput yang ditanam pohon Jabon, maka itu merupakan hubungan simbiosis mutualisme antara (1) Kambing / Domba (2) Rumput dan (3) Pohon Jabon.

Jadi, menurut hemat saya adalah bagus dan merupakan ide brilian jika petani / peternak menanam pohon Jabon di Kebun Rumput mereka masing-masing. (PP)