Kita Butuh Lapangan Rumput Seluas 40 Meter Persegi (3 Bata) untuk Beternak Satu Ekor Kambing atau Domba Tanpa Ngarit

Kita Butuh Lapangan Rumput Seluas 40 Meter Persegi (3 Bata) untuk Beternak Satu Ekor Kambing atau Domba Tanpa Ngarit

Domba.ID – Dr. Prana Dwija Iswara, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan Artikelnya yang berjudul Simulasi Peternakan dengan Kebun Rumput –  akan menjadi Artikel Rujukan dalam pembuatan Artikel ini.

Beliau menjelaskan bahwa Seekor Domba atau Kambing itu akan membutuhkan Satu Meter Persegi Rumput Segar setiap Hari nya.

Sementara itu, Rumput akan tumbuh dan dapat dipanen lagi setelah rumput tersebut berumur 40 hari.

Artinya, Jika seorang Peternak Domba atau Peternak Kambing memiliki Tanah (dalam hal ini berupa Padang Rumput) seluas 100 Bata (setara dengan 1.400 m2 [100 x 14]), maka Jumlah Domba yang bisa di ternak-kan di Lahan seluas 1.400 m2 tersebut adalah sebanyak 35 Ekor, karena 1.400 m2 dibagi 40 hari (jadinya rumput kembali) = 35.

“Akan tiba masanya ketika harta muslim yang terbaik adalah domba yang digembala di puncak gunung dan tempat jatuhnya hujan. Dengan membawa agamanya dia lari dari beberapa fitnah (kemungkaran atau peperangan sesama muslim)”. (H.R. Bukhari)

Jadi, Seekor Domba akan memakan rumput di area 1 meter persegi untuk hari ke-1, lalu di hari ke dua domba tersebut memakan rumput di area ke-2 yang sama-sama luasnya 1 meter persegi. Sementara itu, rumput di area yang sudah dimakan di hari ke-1 akan siap dimakan lagi setelah 40 hari kedepan. Begitu seterusnya Rolling berputar estafet.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk Beternak Seekor Domba atau Kambing secara di umbar atau di abur (sunda) di padang rumput, tidak ngarit, maka kita perlu tanah lapangan rumput seluas 40 meter persegi.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan juga bahwa kita bisa beternak seekor domba kambing tanpa ngarit di lahan lapangan rumput seluas 3 bata (3 bata x 14m2 = 42m2 …. dibagi 40 = 1.05)

Catatan: Kebutuhan Pakan Domba / kambing adalah dihitung berdasarkan berat domba / kambing itu sendiri. Pakan domba atau kambing adalah sebanyak 10% dari berat kambing / domba tersebut. Contoh jika berat kambing / domba adalah 20 kg, maka pakannya adalah 2kg.

Demikian yang bisa kami Bagikan untuk hari ini, semoga ada manfaatnya untuk kami dan juga untuk pembaca semua. Amin. (Tim Domba.ID)

Tags: #Beternak #Domba #Kambing #Ngarit #Padang Rumput #Rumput #Tanpa Ngarit