Antara 30 Juz Al-Qur’an dengan 30 Hari dalam Sebulan

Apakah ini suatu kebetulan atau memang sudah di gariskan begitu keadaannya dari Alloh Subhanahu Wa Ta’ala?., Hanya Alloh Subhanahu Wa Ta’ala saja yang Maha Mengetahui akan hal itu. Yang jelas dengan sama nya angka bilangan antara total Juz dalam Al-Qur’an yang berjumlah 30 Juz dengan Total hari dalam setiap bulan yang rata-rata adalah 30 Hari, maka itu sudah merupakan gambaran jelas dari Alloh Subhanahu Wa Ta’ala bahwa sebaiknya ummat Islam membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an 1 Juz dalam setiap hari sehingga di akhir bulan setiap Muslim menjadi Khatam Al Qur’an, Indah Bukan ?!

Kesadaran akan hal membaca Al-Qur’an dengan target One Day One Juz (Satu hari Satu Juz) adalah perlu di sosialisasikan oleh banyak pihak (umat Islam) kepada teman kerabat se Islam lainnya, sehingga nantinya, “One Day One Juz” bukan lagi sekedar hanya Slogan semata tapi benar-benar di aplikasikan, di terapkan dalam kehidupan setiap individu muslim dengan membaca Al-Qur’an dengan target 1 Juz setiap hari nya. Memang pada awal-awalnya akan terasa berat, mungkin karena belum terbiasa dan belum faham dan masih terbata-bata dalam membaca setiap ayat di Al-Qur’an tersebut tetapi tidak ada kata tidak mungkin untuk suatu niat baik, PASTI Gusti Alloh Subhanahu Wa Ta’ala akan selalu membimbing setiap Muslim yang dengan Ikhlas Lillahi Ta’ala dengan di dasari mengharapkan Ridho Alloh dalam membaca Al-Qur’an setiap hari 1 Juz, maka saya yakin akan diberi kemudahan dalam hal segalanya oleh Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, saya yakin itu.

Selanjutnya, mari kita simak Suatu Hadits tentang salah-satu keutamaan membaca Al-Qur’an bagi seorang Muslim: Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya di hari kiamat” (H.R Muslim). Keterangan tersebut saya dapat dari suatu website yang meng atas namakan Gerakan One Day One Juz dengan alamat situs di http://www.onedayonejuz.org. Saya sendiri menyambut baik dengan gerakan yang mulia tersebut dan ikut mendo’akan semoga diberikan kemudahan segalanya oleh Alloh Subhanahu Wa Ta’ala kepada siapa saja mereka yang berada di balik layar gerakan One Day One Juz tersebut, Amin.

Sebagai pelengkap dan pemotivasi, maka saya akan share tentang beberapa Manfaat yang di dapat dari kita membaca Al-Qur’an. kalau soal pahala sih itu tidak di sebutkan juga sudah pada faham bukan?. Ya, membaca Al-Qur’an tentu saja akan mendapatkan fahala di sisi Alloh Subhanahu Wa Ta’ala kelak di akhirat (dan menjadi bekal celengan untuk siapa saja yang membacanya (Al-Qur’an). Tetapi ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh Manusia di Dunia jika mereka membaca Al-Qur’an yaitu: (1) Menimbulkan Rasa Tenang, Tentram, Sejuk dan Bahagia bagi siapa saja yang membaca Al-Qur’an (2) Dengan begitu, dengan membaca Al-Qur’an otomatis dapat mengurangi gejala Stress dan darah tinggi serta bermacam-macam penyakit berbahaya lainnya (3) Dengan membaca Al-Qur’an juga dapat menjadi tameng penghalang dari berbagai macam bahaya dan atau musibah yang bisa saja akan terjadi kepada seseorang tersebut, tentunya hal ini adalah dengan izin dan kehendak Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. (4) dan masih banyak lagi faidah keutamaan dari dampak kita membiasakan diri membaca Al-Qur’an setiap hari.

Sekali lagi, kecocokan antara 30 Juz Al-Qur’an dengan 30 Hari dalam Sebulan adalah kehendak dari Alloh Subhanahu Wa Ta’ala yang memang telah Mengatur segala hal yang telah dan akan terjadi di dunia ini dengan kuasa-Nya. Tentunya ini akan menjadi bahan tafakur dan renungan bagi siapa saja Manusia (Muslim) yang berpikir, ber Iman dan ber Taqwa. Semoga kita semua ada dalam lindungan dan hidayah-Nya. Amin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*