Beberapa Aktifitas Unik dan Menarik Saat Ronda Malam

Apakah di tempat anda masih aktif Ronda Malam? Jika masih, itu hebat banget, tapi jika sudah padam, ayo gan aktifkan lagi. Ada beberapa manfaat yang bisa di dapat dari kegiatan Ronda Malam yaitu: (1) Kampung Jadi Aman karena terjaga oleh yang Ronda (2) Kita jadi lebih saling mengenal ke warga lain (3) Persatuan dan Kesatuan warga menjadi lebih baik lagi (4) dan lain-lain. Tapi disini saya bukan ngomongin masalah manfaat Nge Ronda, tapi akan ngobrol hal aktifitas-aktifitas seru yang sering kali dilakukan oleh petugas Ronda Malam saat nge Ronda. Apa saja itu. Tenang gan, akan kita kupas tuntas ya, tentunya aktifitas-aktifitas ini cocok bagi yang nge Ronda di Pedesaan, perkampungan, tapi sebenarnya bisa juga di akalin bisa diterapkan di kota besar sekalipun, pasti seru dan menambah persatuan dan kesatuan antar warga di wilayah tersebut. Simak baik-baik, inilah ulasannya, kalau ada yang keliru atau kurang pas, atau ada yang mau menambahkan, anda bisa ikutan berkomentar ya.

1. NGALIWET: Ya, anda tidak salah. Ini aktifitas paling umum yang terjadi ketika kebagian Ronda Malam. Dengan bermodalkan Kastrol atau Citel, lalu yang ronda iuran, ada yang ngambil beras dari rumah nya, ada yang bawa ikan, kerupuk, cabe, terasi dan macam-macam yang biasa ada di acara liwetan. Lalu dibuatlah api unggun dan kastrol yang sudah berisi nasi calon bakal liwet pun mulai di masak. Kebayang khan gan, di pasaknya di pinggir Poskamling (Pos Ronda), amboy, dunia ini serasa milik ber tujuh (kalau yang nge ronda ada hadir 7 orang). Tapi biasanya tidak semua ikut mengurus liwet, sebagian biasanya ada yang keliling ngontrol sambil membunyikan kentungan yang terbuat dari bambu tua dan nyaring, sebagian pula ada yang maen gapleh, dan sebagian ada yang mendengarkan Radio, juga sebagian ada yang nonton TV, ada juga yang terus aja update status tak terkira. Pokoknya seru, Pos Ronda terasa hidup, warga yang kebetulan lewat pun menjadi merasa tentram, senang dan nyaman karena kondisi kampungnya jelas akan lebih aman terjaga oleh para pe Ronda yang selalu siap siaga).

2. NGOBOR atau NGADAMAR: Itu istilah sunda “ngadamar” adalah kegiatan mencari ikan belut di petakan sawah warga dengan membawa senter terang atau kalau jaman dulu suka bawa petromak, atau kalau jaman dulu nya lagi, suka bawa obor, makanya disebut NGOBOR. Aktifitas ngobor sebenarnya bukan semata ingin dapat ikan belut, tapi di balik itu ada hikmahnya gan, yaitu persahabatan dan kerjasama antar warga menjadi lebih terjalin. Karena ngobor itu bisanya ngak sendirian. paling banter suka ada empat orang, (1) ada yang bagian pegang senter, (2) ada yang bagian pegang tang dan golok untuk menjepit atau menebas ikan belut, (3) ada yang bawa wadah untuk hasil ngobor, (4) dan satu lagi adalah bagian pemerhati atau pengawas kondisi lingkungan sekitar, kalau-kalau ada ular atau sebangsa nya yang dapat membahayakan semua orang. Jadi biasanya ada empat orang yang terjun untuk acara Ngobor tersebut.

3. BAKAR atau REBUS UBI DAN SINGKONG: Terkadang, setiap nge Ronda ngaliwet terus, bosen juga gan, sekali-kali kadang suka ganti menu, nah biasanya menu berikutnya adalah Bakar Ubi atau Singkong di Api Unggun sambil Ngerumpi Ngobrol tak bertema yang penting rame. Kadang di waktu begitu, yang pe ronda dengan usia yang sudah lebih tua, suka bercerita tentang pengalaman hidupnya di masa lalu atau bercerita tentang kondisi tempat tersebut di masa lampau, dimana sebagian pe ronda yang lain (yang kebetulan masih muda) malah ada yang belum lahir ke dunia di kala itu. Jadi nya kan seru tuh gan. Tapi yang keliling juga tetap ada buat ngontrol kondisi kampung gantian bawa pentungan dan sarung, tak lupa tutup kepala agar tak terlalu masuk angin. Seru pokoknya.

Nah itulah kira-kira beberapa aktifitas yang Unik dan Menarik pada saat kita Ronda Malam. Jadi kalau main kartu gapleh dan nonton tv dan denger radio di pos ronda sih itu sudah tidak unik gan, maksudnya terasa datar dan kurang menantang. OK, yang belum aktif sistem Ronda, Ayo kita aktifkan kembali gan, dan yang sudah aktif, ayo di jaga dan dikembangkan agar tambah rame. Tapi kalau anda ada di komplek perumahan biasanya tidak ada sistem Ronda, karena tugas ronda sudah di limpahkan ke bagian security komplek perumahan tersebut. Kecuali jika anda inisiatif sendiri kumpul-kumpul di depan rumah dengan beberapa orang tetangga di suatu malam tertentu secara kontinyu, seolah-olah menyerupai aktifitas meronda, baru itu terasa beda dan pasti sistem kebersamaan antar tetangga akan lebih baik lagi tuh, coba saja, saya yakin itu.

Demikian obrolan ringan tentang Aktifitas-Aktifitas unik ketika kita Ronda. Semoga bisa meng inspirasi anda ya.

Sumber ilustrasi Foto, dari: Warga PAC. LDII Pekon TERBAYA Gotong Royong Dirikan Pos Ronda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*