Mana yang lebih Adem, Atap Pakai Genteng atau Dak Cor?

Ketika membangun Rumah, kita dihadapkan ke dalam dua pilihan untuk hal atap rumah yaitu Mau atap rumah dengan genteng atau dak cor semen? tapi sebenarnya masih ada beberapa pilihan lain seperti atap dengan Asbes atau atap Injuk, tapi kenyataannya jarang memilih itu untuk Rumah, karena atap Asbes jelas panas nya dan atap Injuk jelas cepat rusak nya. Maka kita persempit pilihan menjadi dua saja yaitu pilih atap genteng atau atap dengan cara di dak cor semen?. Nah, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kalau atap dengan genteng maka jelas lebih irit di biaya awal membangunnya dibandingkan dengan atap dengan cara di dak cor semen, tapi kalau dari segi kekuatan dan ketahanan dengan waktu jangka panjang, maka akan menang atap model dak cor semen tentunya.

Tapi disini kita bukan berbicara masalah ketahanan nya tapi masalah Adem atau kurang adem nya antara Atap dengan Genteng dengan Atap dengan Dak Cor semen?. Okelah, dari pengalaman pribadi saya, karena kebetulan rumah saya memakai sistem atap dak cor semen, maka ada sedikit hangat dikala cuaca panas terik matahari, dan juga jadi semakin dingin ketika musim penghujan. Lalu saya mencoba berpindah ke rumah yang atap nya dengan genteng, berbeda dengan atap yang di dak cor, atap dengan genteng terasa lebih adem saat panas terik matahari, dan terasa biasa-biasa saja (bisa di bilang hangat) saat cuaca hujan atau dingin. Ini artinya apa, ternyata lebih adem atap dengan genteng daripada atap dengan dak cor semen.

Lalu, bagaimana agar atap dengan dak cor semen bisa se adem atap dengan genteng?, nah dari penelusuran saya kepada banyak orang yang memang ahli di bidang itu, mereka menyebutkan bahwa sebenarnya rumah dengan atap dak cor semen itu bisa terasa adem juga ketika panas terik matahari jika di atas dak cor beton tersebut di tanam pepohonan. Jadi, kalau atap rumah kita dengan cor beton kita bisa menanam berbagai jenis pepohonan di dalam pot bunga misalnya dengan hampir memenuhi semua area atas dak beton kita tersebut, maka dengan itu, panas matahari akan diserap terlebih dahulu oleh dedaunan pohon-pohon tersebut, akhirnya berdampak tambah adem ke penghuni di bawah nya.

Selain dengan menanam pohon-pohon di atas pelataran atap dak beton, masih ada lagi cara agar lebih adem, yaitu dengan mengecat permukaan atap dak beton kita dengan warna putih. Dengan dak beton warna putih maka akan dapat membantu memantulkan cahaya matahari ke atas (memantulkan panas) sehingga tidak langsung diserap oleh dak beton kita. Tapi cara ini kurang baik, karena akan menambah gerah lingkungan sekitar kita, maksudnya udara di lingkungan sekitar rumah kita menjadi panas karena pantulan dari sinar matahari tersebut (persis kasus Rumah Kaca, ya). Jadi sebaiknya ya tetap kita lebih baik menanam pohon-pohon di atas atap dak beton kita, itu baru pilihan yang bijaksana.

Semoga dengan tulisan bahasan super ringan ini dapat memberikan inspirasi positif kepada anda dan juga saya dalam memutuskan dan memilih atap rumah kita kedepannya ya. Mari kita belajar bijaksana dalam hal itu, demi adem nya seluruh keluarga, semua penghuni di rumah kita sendiri, kalau adem kan enak dan jadi betah di rumah, coba kalau gerah, pasti bawaan nya ingin jalan-jalan terus ke mall cari tempat adem disana kan?, heheh.. Nah sekarang saatnya menjadikan rumah kita sendiri menjadi senyaman mungkin, se adem mungkin agar kita kerasan di rumah. Semoga bisa meng inspirasi banyak pihak ya.

Sumber ilustrasi foto, dari: SRIWIJAYA KERATON – SUPPLIER DAN APLIKATOR KERAMIK BETON.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*