Ternyata Bermain Layangan Bisa Buat Obat Stress Ampuh

Masih ingatkah kita sewaktu kecil? Dimana kita dengan gembira nya bermain layang-layang di lapangan luas bersama banyak teman-teman lainnya. Terus bagaimana perasaan kita waktu itu? Apakah gembira? Apakah Senang?, Ya, dari pengalaman saya pribadi waktu kecil memang merasa gembira dan senang tak terkira ketika bermain layangan di sore hari, bahkan kadang-kadang saking senangnya main layang-layang, kadang siang hari jam 12 pun suka menerbangkan itu layangan, sampai di omelin ibu, hahah… Ya namanya juga anak-anak gan. Mungkin orang tua merasa kasihan ke kita, masa melototin terus layangan di siang bolong padahal sinar matahari sedang begitu panasnya dan dapat merusak mata kita karena melihat terus ke langit, mengendalikan layangan kita agar baik terbang nya. Tapi disitulah senangnya. Kalau sebaiknya sih, bermain layangan itu ya di sore hari saja ketika sinar matahari tidak begitu terik dan tidak merusak mata kita ketika memandang ke langit lihat layang-layang.

Tapi ternyata, bermain layang-layang itu tidak hanya disukai oleh anak-anak gan, orang dewasa pun masih banyak yang hobby bermain permainan tradisional khas Indonesia yang sudah turun temurun dari generasi ke generasi ini. Saya pun ketika musim layangan tiba (yang bisanya mulai hadir ketika musim kemarau datang dan angin lumayan kencang), maka saya masih suka menerbangkan layangan. Setelah dirasa-rasa kok adem ya, kok gembira ya, kok jadi tambah senang ya ketika memainkan layangan. Nah, dari sana saya mengambil kesimpulan bahwa ternyata dengan Bermain Layangan, maka kita Bisa menjadi lebih rileks dan bisa jadi penghilang Stress kita. Kalau agan tidak percaya apa yang saya rasakan, agan bisa mencoba nya sendiri beli layangan lengkap dengan tali / benangnya, lalu ajak teman-teman agan semuanya untuk sama-sama menerbangkannya rame-rame (jadi banyak layangan maksudnya), dan lalu coba rasakan apa yang terjadi? Saya yakin agan jadi merasa Senang dan berkurang stress agan, coba lah lakukan demikian gan.

Bermain Layangan tidaklah harus dengan perangkat layangan yang wah super mahal, kalau agan lihai dan mau sedikit berusaha, agan bisa saja membuat layangan sendiri, beli sendiri kertas nya (di pasar ada loh kertas khusus layangan, dia tipis kertasnya), beli lem kertas nya, terus beri deh cat nya, tinggal rangkai dan di gambar sekehendak agan. Saya bicara begitu karena saya memang pengalaman membuat sendiri layang-layang, saya jarang sekali membelinya. Kalau lagi tidak emut bikin layangan sendiri, terkadang saya memburu layangan deh ke sawah, seru tuh gan, itu bisa jadi obat stress yang ampuh. Mengejar-ngejar layangan yang putus tali nya (benangnya), seru banget pastinya. Atau kadang saya suka “Ngabandang”. Apa itu “Ngabandang”? itu istilah orang Sunda, artinya mengambil layangan yang putus dari benang si pemiliknya dengan cara melilit benang layangannya dengan benang layangan kita yang posisinya sedang terbang, bisanya benang layangan kita nya pakai kawat (yang di rangkai sedemikian rupa) agar cepat ter ikat benang layangan yang putus nya. Wah, kalau sudah begitu, sungguh seru gan, gembira tak terkira.

Nah, sekarang ini kan sudah masuk bulan Maret tahun 2017, kayaknya akan muncul lagi nih musim layangan di daerah Jawa Barat dan sekitarnya karena terlihat musim mulai berubah ke kemarau dan saya melihat sudah ada beberapa layangan yang diterbangkan oleh orang lain, wah kalau ini benar akan ada musim layangan lagi, pastinya saya akan ikut berpartisipasi lah ikutan main layangan, walau usia sudah masuk Kepala Tiga dan anak sudah punya dua, tapi untuk hal kesehatan pikiran dan agar tidak stress, maka saya akan ikut ambil bagian dalam moment ini, sayang kalau di lewatkan. Jadi pada intinya bermain layangan ini tidak hanya dilakukan oleh anak kecil (anak-anak), tapi orang dewasa pun kerap kali memainkannya, tapi biasanya kalau orang dewasa itu suka di adu layangannya dengan layangan punya orang lain dan layangan orang dewasa biasanya besar-besar ukurannya. Beda dengan layangan anak-anak yang kecil-kecil dan diterbangkannya pun rendah-rendah, tapi layangan orang dewasa, wah jangan salah gan, bisa belasan kilo meter jauh tinggi terbang nya, mantep dah pokoknya.

Bagaimana, apakah agan juga tertarik bermain layangan buat obat pelipur lara? heheh.. coba deh gan, dijamin ketagihan nanti. Ngak ada yang larang kok bermain layangan, asal jangan dekat dengan pusat jaringan listrik PLN saja dan layangan kita ada kawat nya, nah itu yang sebenarnya berbahaya. Jadi main layangan nya di pilih saja di tempat terbuka, lapangan luas dan yakinkan tidak pakai kawat si benang tali layangan kita, itu cukup aman, karena yang bahaya ke jalur listrik PLN itu adalah layangan yang ada kawat nya di benangnya, itu sih jelas berpeluang bisa bikin korsleting listrik lah gan, bahaya kalau gitu mah. Jadi carilah tempat yang sekiranya jauh dari jaringan listrik dan juga jauh dari Jalan raya, karena beberapa tahun lalu pernah ada kejadian ada benang layangan yang putus dari layangan nya lalu si benang kebetulan melintas ke jalan raya, terus ada pengendara motor, itu benang nyangkut di leher pengendara motor, kebetulan motor lagi kencang jalan, wah kebayang kan gan bahaya nya? nah jangan sampai begitu, intinya cari tempat aman buat bermain layangan, jangan di tempat yang banyak jaringan listrik PLN nya dan jangan dekat dengan Jalan Raya, di khawatirkan itu benang layangan nyangkut ke leher pengendara motor yang sedang kencang mengemudikan motornya, bahaya itu, sungguh bahaya!.

Ok, demikian sharing saya saat ini. sampai jumpa gan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*