Tips Sukses Mengelola Blog Sehingga Jadi Terkenal dan Menghasilkan Uang

Siapa orangnya sih yang tidak ingin memiliki penghasilan dari Internet? Tentunya semua orang (dalam hal ini para bloger) mendambakan bisa mendapatkan penghasilan yang cukup baik dari kegiatan nge-blog nya. Tapi memang tidak mudah menghasilkan uang dari Internet. Mereka yang telah sukses adalah yang benar-benar sudah dan terus-menerus berjuang keras dalam mewujudkan impian nya. Tidak bisa kita ber santai dan berharap keajaiban muncul sehingga blog kita kebanjiran pengunjung, itu sungguh tidak masuk akal jika tidak di iringi dengan kerja keras berusaha untuk mengelola blog dengan sungguh-sungguh. Dan semua dari kita juga sepakat bahwa dengan serius mengelola blog, maka peluang sukses menghasilkan uang dari blog ada di depan mata, tapi kenyataannya sungguh sulit gan, terutama sulit dalam hal giat membuat artikel harian nya, akhirnya blog jadi jarang di update dan selanjutnya menjadi tenggelam di sistem pencarian Google. Itu buah dari malas update blog dan akhirnya boro-boro bisa mendatangkan atau menghasilkan uang, untuk sekedar mendatangkan pengunjung di atas 100 orang per hari saja susahnya minta ampun.

Nah, disini saya akan share bagaimana cara belajar serius mengelola blog agar terkenal dan tentunya pada akhirnya dapat menghasilkan uang. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk itu adalah: (1) Blog anda harus ringan di akses, jangan terlalu banyak tempelan-tempelan yang malah memberatkan loading blog ketika di akses pengunjung (2) Pastikan blog di update dengan minimal satu artikel setiap hari nya dengan banyak paragraf, misalnya ada 5 paragraf atau lebih (3) Cukup mengelola satu blog saja gan, jangan banyak-banyak, tidak akan ter urus nanti, itu sih pengalaman pribadi saya, akhirnya malah kacau, semua blog malah jadi setengah-setengah jalannya dan tidak fokus, pokoknya jadi acak-acakan karena tidak fokus itu tadi dan tidak maksimal jadinya, blog yang itu baru setengah, blog yang ini baru setengah, kacau jadinya. Jadi saran saya, cukup satu blog saja dan urus itu dengan baik (4) Jangan copas dari blog orang lain ya gan, Google sangat benci hal tersebut (5) Pilih server hosting yang jarang down, karena kalau sering down dan ketika itu ada robot google sedang (akan) merayap ke blog kita, maka robot akan kecewa dan menganggap blog agan jelek, itu nantinya sangat berpengaruh ke hasil pencarian, bisa-bisa halaman agan jadi di lempar ke halaman belakang hasil pencarian. (6) Jangan ada broken link di blog agan (pake plugin broken link checker saja) (7) Jangan ada double post, itu loh ada postingan / artikel dengan tema serupa lebih dari satu, itu jangan.

Dan masih banyak lagi gan. Itu di atas saya sebutkan tujuh poin saja yang penting-penting dulu. Sama satu lagi agar blog kita hebat yaitu konten / isi postingan / artikel di blog kita harus super manfaat, karena nanti yang mengunjungi blog kita kebanyakan adalah manusia bukan robot, mereka datang ke blog kita tentunya punya tujuan atau harapan mendapatkan sesuatu yang memang sedang mereka cari dan mereka yakin di blog kita ada data itu, walau mereka datangnya kesasar lewat search engine misalnya Google. Kalau dalam kunjungan pertama, mereka merasa nyaman dan puas dengan penyajian artikel di blog kita, dan masalah mereka jadi teratasi, maka dapat dipastikan mereka akan datang lagi ke blog kita secara langsung, mereka akan mencatat alamat blog kita dan tidak lagi datang dari search engine tapi mereka akan langsung mengetikkan alamat blog kita di browser. Nah itulah pengunjung setia dan itulah yang harus di jaga agar mereka tetap setia dan tetap puas dengan semua layanan artikel-artikel di blog kita.

Sehingga, artikel yang berkualitas dan bermanfaat akan sangat diserbu dan dibaca oleh pengunjung blog kita yang pernah datang ke blog kita. Jadi jangan sia-siakan minat dan kepercayaan mereka terhadap blog kita. Jika sudah begitu, Anda sebagai pemilik dan pengelola blog harus terus menerus bekerja keras dan terus menambah wawasan baru agar anda memiliki banyak pemahaman baru yang nantinya sebagai bahan bagi anda untuk di tuangkan ke dalam artikel di blog anda dengan gaya bahasa anda sendiri tentunya. Jadi anda jangan terlalu banyak cuap-cuap ngobrol di media sosial (seperlunya saja lah di medsos mah), tapi sebagai seorang bloger, anda seharusnya di perbanyak browsing kesana kemari ke situs orang lain untuk mencari tambahan ilmu pengetahuan baru untuk bahan membuat artikel baru di blog anda, karena dengan cara belajar dari browsing lah anda akan faham dan dapat menulis artikel yang baik dan berkualitas. Memang pekerjaan browsing mencari ilmu itu adalah sungguh membosankan, tapi itulah salah-satu bagian dari apa yang di maksud bekerja keras mengelola blog.

Terakhir, anda jangan lupa ber do’a kepada Alloh SWT dan ber tawakal kepada-Nya (bagi orang Islam), memohon minta di mudahkan segala halnya. Semoga Sukses gan. Amin.

Sumber ilustrasi gambar, dari: HOW TO MAKE MONEY BLOGGING IN 2017.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*